Tenaga Kerja

Tenaga kerja Indonesia (TKI), yang bekerja keluar negeri dengan dinaungi oleh BNP2TKI yang legal, banyak cerita kelam tentang nasib TKI diluar negeri, namun dibalik cerita tidak menyenangkan tersebut, masih banyak juga yang lain mengenai cerita-cerita sukses TKI yang sukses meraih apa yang diimpikannya diluar negeri, pulang ke tanah air dengan membawa suka cita bagi warga kampunya.

Dilihat dari proses beredarnya TKI, TKI yang akan berangkat bekerja keluar negeri pasti tidak instan, pasti ada suatu yang melatar belakanginya, misalnya gaji yang besar, orang yang membantu, dan lain sebagainya. Untuk itu, kasus yang menimpa banyak TKI yang dianiaya diluar negeri menurut saya mungkin berasal dari TKI-TKI illegal. Jika TKI tersebut Illegal, sudah pasti badan yang menaunginya juga illegal, saat si TKI teraniaya di luar sana, badan tersebut dengan mudahnya lepas tangan, dan secara logikanya saja, mana mungkin ada orang lain yang mau bertanggung jawab dengan nasib TKI yang bekerja diluar negeri. Jika badan yang menaungi terseubuit legal, tak mungkin dia bisa lepas tangan, pasti ada tindakan preventif yang akan dilakukan dalam menagani masalah TKI tersebut.

Selanjutnya, pemantauan TKI di KBRI Negara bersangkutan harusnya lebih ditingkatkan lagi. Penempatan TKI yang jelas. Bersambung…

0 Responses