Pernyataan

mungkin banyak yang bertanya-tanya, orang ini maksudnya apa? dia ini mahasiswa tapi tingkahnya begitu. oke, kita mulai dari penulisan status di facebook, mengapa kami menulis status yang sedikit "gila", atau gila-gilaan, tak adakah intelektualitas dalam diri kami? kami menjawab, bermula dari apa itu facebook? bukankah itu situs jejaring sosial, tempat kita bertemu dan melakukan segala hal yang mungkin kita lakukan secara virtual saja. tempat kita menitipkan pesan, kabar, dan apapun yang di ampu oleh pembuatnya. kemudian pangsa pasar yang dituju adalah teman-teman facebook, kami juga pengamat, pengamat manusia facebook (friends), rata-rata mereka -baik muda, abg, tua- banyak yang terkesan alay, dan galau. karena memaknai facebook berbeda dengan apa yang dimaknai oleh orang lain. begitupun kami.

jadi karena kami ingin terbebas dari dua density yang disebutkan diatas, alay dan galau, maka kami menciptakan hal yang baru, yang bukan merupakan salah satu dari keduanya, atau gabungan dari keduanya. kegilaan yang tercipta kami tekankan itu bukan sebuah kebodohan, tak tahukah anda, disana juga ada kepintaran yang berada diatas standar kepintaran orang dicabang yang berbeda. bukankah cabang itu tak pernah satu, pasti lebih dari satu. maka jangan diberi gate bagi otak anda untuk memahami, kalau dibatasi boleh. seperti kami yang membatasi diri dari komunitas duo agau. tapi kami tidak memisahkannya.

bukan juga selamanya kami memeberikan kegilaan, disela-sela tertentu kami juga menyelipkan status miniblog itu dengan hal yang bermakna juga. yang mungkin lahir dari pemikiran kami sendiri atau tak sengaja ditemukan dan dirasa perlu untuk di bagikan. sehingga kami juga ingin memancing anda semua dengan pertanyaan, siapakah kami?.

sehingga tak ada azaz yang mengatakan kalau kami tidak modern, kami juga modern. mungkin saja kan kami sudah tak lagi menerima kepuasan dari sesuatu yang modern sehingga kami perlu mencari hal diluar modern, dianya klasik. karena tak salah, ini masa muda kita, belajarlah dari alam, pucuk adalah bagian terluar dari sebuah pohon, artinya pucuk adalah hal yang muda. semakin tua semakin tenggelam dalam kerumunan daun dan gugur. artinya apa, lakukanlah kegilaan dimasa mudamu, tetapi yakinkan dirimu kau sudah punya pondasi yang kokoh. sebelum hal itu terlambat.

ingatkah anda akan kata-kata ini?

saat kuliah kita punya banyak tenaga, banyak waktu dan sangat terbatas dalam uang
saat kerja kita punya banyak tenaga, banyak uang, tapi kita tak punya banyak waktu
saat tua kita punya banyak uang, banyak waktu tetapi kita sudah dibatasi tenaga

jadi seperti yang saya jadikan kunci dalam blog ini in adalah keseimbangan, hidup bukan berupa neraca yang menimbang dua sisi, hidup harus menimbang banyak sisi dan menyeimbangkannya. maka PR anda adalah seimbangkanlah tiga sisi diatas.!

terlebih kepada pengamat ilmu sosial, yang terus mengkaji teori, dan mengambil sampel fenomena secara makro, dalam urutan garis besar saja. -yang saya lihat begitu-, kami kagum dengan pembelajaran ilmu sosial diluar sana, yang satu nama saja bisa menjadi mata kuliah, contohnya mata kuliah tentang Lady Gaga, itu benar-benar ada. mata kuliah tentang Pola Berlibur masyarakat menurut ekonomi, Ras, dan lainnya. bukankah itu sangat menarik dibanding dengan kita larut dalam pengkajian teori.

mata kuliah tentang facebook juga ada, dan silabusnya pun di show off di page facebook, anda juga boleh BERUSAHA mencari nya, dan mempelajari sendiri. mungkinkah kita mengkaji fenomena sosial yang terkesan tak penting itu dengan landasan dan dijelaskan secara empiris. dengan suguhan penjelasan secara intelektual. PASTI SANGAT MENARIK.!! mungkin itulah sistem, yang terus ditembakkan kedalam telinga saya di kampus. selalu!! tapi mereka hanya memberlakukan satu sistem untuk semua. bukankah satu sistem dapat memberi pengaruh yang berbeda kepada masing-masing mahasiswa.?

menurut saya tugas meresume buku bukanlah hal yang efektif dan efisien. saya mungkin lebih suka, suatu topik atau bahan bacaan, silakan tulis dengan interpretasi dan bahasa kita sendiri. dan dosen perlu memberikan pelurusan supaya tidak keluar dari konteks saja, jika ini dibudayakan semenjak tahun 1, maka menjelang tahun 4 akan banyak sumbangan karya-karya dari mahasiswa sosial, karena seharusnya buku sosiologi adalah buku yang paling banyak berkaca kepada kebebasan mejelaskan yang demokratif. bukankah begitu? namun ada berapa biji buku yang membahas ilmu sosial mikro yang bisa anda lihat dalam koleksinya di toko buku? lebih banyakkah daripada komik shinchan yang satu seri saja punya hingga 50 part.

saya memang terkesan mahasiswa sosial yang biasa-biasa saja, tapi saya berbeda dengan mahasiswa biasa-biasa saja, saya menuntut hal lebih daripada yang ada. tapi saya juga terikat, dan produk dari sistem. maka sekeras apapun saya mempelajari bahasa demi untuk bisa mengecap sistem lain duluar sana, tetaplah background saya menjadi mahasiswa ilmu sosial yang biasa-biasa saja. sayapun sangat yakin sangat banyak dosen yang berpengetahuan yang dalam, tetapi ujung-ujungnya hanya menugaskan kepada mahasiswa nya untuk meresume buku. tapi belum ada yanng menugaskan untuk memberi kebebasan bagi mahasiswa untuk menyimpulkan satu topik yang dibaca dalam essay yang mengutip quote-quote yang disukainya menjadi kesimpulan yang baru.

tak perlu men-judge saya dengan pemahaman yang tidak seberapa ini, karena setiap hal itu dilematis, tetapi kita mencari keseimbangan, bahkan kita bisa mencari mana yang lebih besar manfaatnya. karena saya sadar sosiologi dinegara ini adalah jurusan yang masih ABG, tetapi bukan diluar sana, di Amerika contohnya, Sociology merupakan jurusan ternama yang menarik melebihhi mungkin pamor Kedokteran di Indonesia yang mungkin saja hanya untuk prestise saja.

maka tugas kita juga untuk menyampaikan dan meningkatkan serta memperBadai lagi perjalanan ilmu sosial di negara kita. jadi maaf saja, kue tart yang bantat bukan saja masalah pemilihan bahan, tapi mungkin saja karena oven atau kompor yang rusak.

Semester Pendek

kali ini memang harus mengikuti Semester Pendek dikarenakan IPK or GPA yang belum memenuhi untuk mendapatkan akses ke dunia jika sudah tamat. bahkan, dengan berbekal IPK yang sudah pas dengan standar minimal saja belum tentu mendapatkan tiket untuk menjadi seorang pemburu beasiswa. maka dengan itu, sekarang saatnya untuk menraih kembali, mengusahakan kembali. biarlah orang bertanya kapan wisuda, kenapa lama tamat, atau lainnya, tetapi, tidak akan menyurutkan saya untuk mengambil bagian yang menjadi hak saya disuatu hari nanti, daripada menyesal seumur hidup membawa IPK rendah, biarlah saya tebalkan muka untuk menjalani aktivitas yang terlambat sudah.

seiring dengan berputarnya bumi pada porosnya, maka semua berakhir dengan indah, itulah harapan saya dan merupakan harapan kita semua juga.

maka mari kita kuliah semester pendek, SP, semester petus, semester pengampunan, atau apalah namanya... tetaplah mengejar IPK.

Bata



waduh, si galaW lagi masuk rumah sakit. SSC Hospital. karena masih ada garansi, so, tembak langsung aja masuk SSC, kalo warranty void, saya tak punya uang la mengganti mesin andro didalamnya. untuk bisa full warranty karena emang masih baru, dua bulan lalu diaktifkan. sebelumnya saya sudah Update ClockWork Mod (CWM) di haha. sukses dan banyak aktifitas yang saya lakukan di CWM ini, sehingga mulai membuka akses saya untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana mengolah, mengcustom file atau system yang ada dalam haha sehingga bisa menjadi dan melayani seperti apa yang saya inginkan.

 baru habis masang rom BIONIC COW OC...

saat ini saya menjalani hari-hari tanpa si galaW, saya hanya bisa berdoa supaya galaW cepat sembuh, nanti mesin si haha diganti dan nanti kenalan lagi seperti saat pertama bertemu. maafkan aku galaW. karena sudah menyakitimu sehingga kamu menjadi Brick. bukan bootloop sih, karena dia gak terjebak dalam kondisi boot. kalau udah boot rasanya mudah saja, tapi karena ini brick, mungkin soft brick, hanya mau masuk sampai tulisan SAMSUNG. kemudian blinking ke itu itu saja by itself.

bercerita masalah haha, saya baru saja menemukan kombinasi yang tepat antara powerspeed haha saya dengan provider seluler saat ini, tetapi baru saja memasang paket, eh si haha marajuk sehingga saya susah membujuk...

sudahlah, if you want to make it returning to the first condition, you should bersabar untuk sementara waktu karena tim dokter sedang menangani apa sih penyakit si haha sehingga di bisa brick seperti itu. terlebih saat ini sudah banyak stock ROM dan Custom ROM yang sudah berhasil di download, bagaimana mau mencoba, sedangkan haha masih amsuk rumah sakit. oleh karena itu mohon kiranya teman-teman mendoakan haha saya semoga ia lekas sembuh dan bisa beroperasi dan bekerja seperti saat pertama ditangan. semoga dengan dogantinya mesin si haha dapat memberikan performa yang lebih smooth, fast, and stable dalam menjalankan aplikasi yang saya mahu kan.

terlebih saat ini kondisi ekonomi sedang berada pada garis yang tidak stagnan, begitu banyak lekukan menurun yang drastis mempengaruhi sistem yang lain. belum lagi proposal, belum lagi desakan orang tua, belum lagi pertanyaan teman-teman... ah oh ah

setiap saat kita harus kokoh berdiri, setiap saat kita memang harus menerima, tapi jangan buat sesuatu yang terjadi hari ini menjadi bahan untuk kau menyedihkan diri, hanya itu, tak lebih.

The Bow of The Rain

Ditengah remang-remang nasib yang berbayang dan sedikit membadai dalam kefanaan dunia sekeliling. Aku lahir untuk berfikir dan mengerti, alasan yang mencukupi untuk mengibarkan bendera demokrasi, bebas dari penjajahan dan tekanan pihak manapun. Tetapi, dimensi yang terbentuk tak selamanya berada pada batas yang kita pagar. Selalu ada percikan keringat yang tak dihargai. Kalau kau lihat pelangi, kau pun merasa bahwa ia adalah determinan dari hidupmu. Tetapi esensi dari warna yang beragam itu tidak lah kau pahami dengan peradilan estetika neraca yang kau timbang berat sebelah. Sudahlah, aku hanya ingin berbagi kisah lagi, tidaklah penting, tetapi pernahkah kau berpikir kalau hal yang tidak penting itu juga sebuah titik warna dalam pelangi yang kau damba?

Setiap sistem yang kau jalani membutuhkan dukungan dari sistem yang lain, jika kau ingin menghubungi temanmu dengan telepon, maka kau butuh handphone, disaat yang sama kau juga membutuhkan pulsa, mana mungkin kau akan bisa menyapa temanmu yang jauh dengan salah satu saja diantara keduanya itu. Jangan dulu berencana untuk meminjam. Karena hal utama yang saya bawakan hanya untuk memahami betapa hidup bukan sebuah timbangan yang harus menyeimbangkan antara dua sisi saja, seperti neraca, menimbang dua sisi. Hidup harus menimbang jutaan sisi dan menyeimbangkan kesejutaan sisi itu. Apakah itu akan mudah? Bisa mudah bisa susah. Jika kau sudah mampu berpikir maka itu akan mudah, jika kau tidak berpikir jangankan untuk menyeimbangkan, sesuatu yang akan kau timbang pun takkan kau temukan. Maka kau akan senang hati saja menjalani hidup tanpa ada warna seperti pelangi tadi.

Wanitaku

Insan itu bernama Wanita, setiap wanita punya sisi kecantikan. Jika wanita sudah mencinta ia akan menyanggupi apapun yang kau inginkan. Jika kendali ada pada wanita maka lahirlah suami-suami takut istri, tidak begitu buruk, namun ingatlah kodrat kaum kita sebagai pemimpin. Jika dalam skala terkecil pemimpin untuk diri sendiri dan keluarga belum kita ambil alih, bagaimana bisa memimpin negara dan agama. Maka tuntutlah ilmu kepemimpinan sejak saat ini. Wanita adalah tempat dimana kebaikan dan keburukan sangat mudah diputar-putar, dianya baling-baling yang mengikuti arah angin, tetapi wanita bisa menjadi lebih tegas jikalau sang suami juga seorang yang tegas (tegas bukan otoriter). Maka saat kau jatuh, istri akan mampu membuat kau bangkit dengan perkataannya yang lembut dan satu kecupan hangat saja.

Wanita adalah permata sebagai perhiasan dunia. Ia rentan terkena intaian siapapun pemburu. Jika kau sudah miliki perhiasan itu, maka tanggung jawab kitalah menjaga dan mempertahankannya.

Ini semua tentang cara kita memperlakukannya, tak lebih dari itu, jika kau mampu memperlakukan setiap hal dengan apa yang ia senangi, maka ia akan menangis menanggung rindu yang dalam saat ragamu tak ditangkap oleh matanya. Takkan ada yang lain dalam pikirannya selain dirimu. Begitulah tuhan menciptakan wanita.

Jika kau merancang untuk menjadi suami yang akan suka selingkuh, jangan kau heran, wanita bisa mengerjakannya dengan lebih “pintar” dibelakangmu. Subhanallah, tuhan memperlakukan seesuatu itu dengan sangat adil. Untuk bisa mensyukuri dan merasakan keagungan tuhan yang sejati itu memang pertama kali kita harus berpikir.

Maka membijaklah wahai lelaki, karena saya belum punya istri bukan berarti saya tidak mempelajari hal ini, kalau kau menyukai seorang wanita, maka kau perlu tahu apakah ia juga suka. Caranya mudah saja, tetapi butuh waktu, tak ada yang instant. Kau harus tahu dengan backgroundnya, orangtuanya, atau setidaknya teman-temannya.  Kalau sudah begini, teruslah mendekat, lakukan cara-cara yang halal. Terkadang dia menjauh, dan terlihat tidak peduli, tapi ini belum sebuah keputusan. Wanita sangat susah ditebak, kadang “jual mahal” tapi teramat ingin. Kadang sangat merespon, tapi hanya sebatas biasa. Nah, balik lagi, kalau dia terlihat menjauh, jangan putus asa, teruslah dekati, dan jika sudah biasa dengannya, untuk triangulasi data, ubahlah kebiasaan awal tersebut 180 derajat berbeda. Maka jika benar dia juga suka, maka rasa pada dianya akan mendilema, cobalah Tanya pada teman-temannya, nah, saat kau bertemu, jika rasa dan hal yang berbeda yang ia rasakan tak mampu lagi ia bendung, maka kau akan menangkap satu sinyal tanda. Tapi kau harus jadi lelaki yang jeli terlebih dahulu. Kalau kau tak mampu berjeli-jeli, kau akan susah untuk mencari cara “memasungnya”. Karena wanita tak mampu menyikapi dengan cepat masalah perasaan yang berubah drastic. Kalau masalah ekonomi sama masalah lainnya kita sama saja.

Dalam kerangka besarnya, hidup itu hanya ada dua jurusan, Manajemen dan Teknik. Bagaimana kita mengelola keuangan, kesehatan, hubungan sosial, dan dalam mengelola tersebut berlakulah Teknik. Bagaimana teknik kita supaya semuanya membuat persoalan menembus titik akhir tanpa lika-liku yang berarti. Kalau jurusan akuntansi itu sudah termasuk dalam Manajemen hidup. Mengelola keuangan.

Kembali lagi ke masalah Wanita. Wanita racun dunia. Juga berlaku pemirsa. Menurut saya, hal seperti ini terjadi pada lelaki yang hanya menuntut satu hal saja dari seorang wanita yaitu pemuas nafsu. Nafsu memang temannya setan, jika kita membiasakan diri kita sarapan pagi hari, maka setelah kau lakukan setidaknya 21 kali, maka itu akan otomatis menjadi kebiasaan dalam hidupmu yaitu sarapan setiap pagi. Nah berbeda dengan nafsu temannya setan ini, kalau dalam batas normal, biasa saja, namanya juga manusia (intinya pengelolaan). Kalau sudah berlebihan, jika setan sudah berperan, sekali saja kau melakukan pemikiran yang demikian, maka otomatis itu sudah menjadi kebiasaan.

Karena kita harus tahu dulu bagaimana peran zat kimia otak yang bernama Dopamin dan Endorfin yang berfungsi memberikan rasa senang. Kalau dalam batas normal zat ini sangat berguna untuk menenangkan, tapi kalau sudah diproduksi dalam jumlah yang besar otak akan bekerja dengan sangat ekstrim (ini sebuah penejelasan saya yang awam dibidang ini) I’m not an expert one, so it’s in order to bring you to understanding what I’ve thought about, maka dari itu hal lain yang seharusnya dipikirkan, menjadi teralihkan, sehingga kita tidak mampu berpikir dengan sebagus-bagusnya fungsi otak. Maka lelaki seperti ini menganggap wanita hanya menjadi beban pikiran baginya. Sesungguhnya ia sendirilah yang menciptakan dan membawa dirinya untuk jadi seperti ini. Gila wanita.

Nah kesimpulannya jika kau mampu mengendalikan wanita impianmu dengan segenap teknik dan caramu sudah pasti ia mendampingimu dalam masa jaya dan keterpurukan. Kau berperan menanamkan esensi hidup yang mendasar padanya. Beginilah idealnya pasangan menurut saya, kendali penuh ada pada lelaki, maka haruslah kita sebagai lelaki dilahirkan punya karifan dan kebijaksanaan yang memadai untuk mampu memberikan keseimbangan. Sekali lagi, jika kau sudah berpikir, kau akan menemukan kebenaran akan ayat tuhan, yang mengatakan bahwa wanita yang baik-baik hanya untuk lelaki yang baik-baik dan seterusnya. Subhanallah!.

Maka teknik andalah yang dipertanyakan. Bagaimana anda mampu menghadirkan kehangatan dalam setiap detik bersamanya.

“Bang, hari ini hanya ada sebungkus mie untuk makan”.
“Tidak apa dinda, dengan sebungkus mie ini, aku tahu, kau masih ingin bersamaku”.

Indonesian Idol

sebelumnya saya tidak pernah begitu respect dengan ajang-ajang Indonesian Idol, pemenangnya palingan yang menang di Vote, bukan menang karena QUALITY, saya katakan bahwa selera msyarakat indonesia itu aneh, sangat aneh. begitupun, pembahasan mengenai Bom SMS, kalau begitu, tidak ada lagi dong yang namanya, VOTE, kalau vote adalah suara terbanyak, bukan SMS terbanyak.

saya melihat bibit baru, sebuah batu injakan baru dalam menaikkan level dan citra permusikan dan dunia tarik suara, SEAN, saya tidak mengkaji dia menyanyikan lagu lagi, tapi saya mengkaji bagaimana dia mempermainkan musik sehingga benar-benar, terlihat sebuah kecerdasan dalam dunia itu. orang yang berani melanggar hukum adalah orang yang mengerti akan celah yang bisa dipakai untuk melanggar tetapi tidak ketahuan. begitupun dalam sisi baiknya, sean mampu memeprmainkan musik karena dia tahu seluk beluk ritme segala hal yang bisa ia manfaatkan sehingga hasil dari permainannya menjadi hal yang sangat menggita dalam lagu.

kalau diamati dengan cermat, perhatikanlah penyanyi sekelas, Mariah Carey, Christina Aguilera, bukan saya menyamakan, tetapi, bentuk pengetahuan yang mereka punya itu sudah diatas standar untuk menjadi seorang penyanyi. memang dunia permusikan Indonesia sudah sangat maju, dibuktikan dengan band-band yang terus lahir tanpa kontrol, sebaiknya pihak industri musik juga memasang obat KB supaya Band-Band baru yang hanya akan merusak sense musik manusia-manusia ber-sense musik yang tinggi. semuanya senada, bisa dibilang begitu, senada dalam artian, hanya untuk komersialisasi tanpa kualitas yang jelas.

begitupun Sean, dari performanya yang sebegitu lincah mencari celah dalam mengibarkan gaya musik -this is your own- membuktikan bahwa kualitaslah yang mampu mengangkat harkat dan martabat musik indonesia. saya yakin, dengan lahirnya penyanyi seperti sean, pastilah akan lahir pula standar baru dalam permusikan dan tarik suara.

semoga saja, hal ini akan menghilangkan komunitas komunitas galau yang hanya berkiblat pada lagu melas. seperti saya melihat akan ada dunia baru dalam musik, sehingga saya tidak perlu lagi menikmati musik berkualitas dari luar negeri.