Korosi Hati



terang, tanpa halangan perkuliahan dimulai dengan panjang lebar kata mukaddimah dari ibu Mira, celana dan jas ditambah sebuah pin di jasnya, walaupun sedikit telat masuk keruangan Ibu Mira langsung saja membahas tentang judul penelitian kualitatif yang akan kami lakukan, hanya saja kali ini cuma sebatas judul, rumusan masalah, dan tujuan penelitian, satu persatu kelompok memberikan judul dan partisipasinya kedepan dengan tiga buah slides, sebelumnya perkuliahan dengan bapak Alfitri, membahas tentang pembangunan berwawasan lingkungan, bahasannya lebih ditujukan kepada hutan di Indonesia yang sudah mulai rusak, eh, sudah rusak, setiap menitnya ditebang sebanyak 4 ha, kebayang juga kalo setahun, gimana ya ngebayanginnya, waduh, gawat bener.

kita juga punya polisi kehutanan, yang selalu siap, tapi jumlahnya tak sebansing dengan luas hutan milik indonesia yang menjadi paru-paru dunia untuk mengurangi efek global warming, di hutan brazil juga, kaya amazon mungkin, tapi yang disayangkan juga para penebang hutan ilegal, gak ketangkep-tangkep. sembunyi dimana yah? eh, dia kan udah ahlinya hutan, makanya dia lenyap dihutan entah kemana, mungkin kabur, mungkin juga nyasar ga tau jalan keluar.

memang sih, dalam upayanya pemerintah sudah sangat menggalakkan hal ini, tapi gak ada kuping, atau gak ada otak, sama aja, mereka masih aja mau nebangin tuh pohon, kalo ada razia mampus, deh, anak buahnya, bosnya gak ketangkep.

ceritanya, hutan diindonesia ini mendapatkan perhatian dunia, tapi kebanyakan yang beli kan mereka juga gimana mau dihentikan, kalo masih ada yang mau beli kayu hasil curian, yang bagus bagus kan selalu "kualitas ekspor" gak pernah yang bagus-bagus dipake sendiri, kan lebih enak tuh pake kualitas yang bagus didalam negeri sendiri.

tanpa banyak bicara, upaya untuk meyakinkan mahasiswanya benar-benar mengasikkan kuliah dengan pak Alfitri, pembangunan memang topik yang kusukai banget, berbagai buku teori pembangunan pernah kubaca, tapi cuma sedikit yang terserap dengan baik, selebihnya hanya menjadi sisa. lebih banyak didapat dari mendengarkan pak Alfitri menjelaskan.

kembali lagi dengan perkuliahan dengan buk mira, aku tumben duduk di depan, temanku tanya, ada anak baru ya? hah?? anak baru? belom kepikiran, mana? mana? ternyata yang dikatain anak baru ntu aku. karena sangat langka duduk didepan, deritanya bukan mau duduk didepan cuma biar lebih cepat aja dapat gilliran menyerahkan judul penelitian pada si Ibuk, habisnya kembali lagi ke habitatku yang sangat indah, damai, dibelakang kelas tentunya, manusia aneh, yang selalu duduk dibelakang, kebetulan ada koran, bisa baca-baca, habis baca-baca, jadilah ada jin ifrit yang menggoda, tanpa dapat membantah, jadilah lempar-lemparan dengan koran yang sudah di"bolakan". pertama yang jadi korban tentulah puput, bentuk ketiga dari kata pipit.

tak boleh begitu sobat, cara ngelempar yang bener ntu gini, jadilah aku lempar si puput dengan bola koran, tepat di palanya, kalo aja tuh koran berubah seketika menjadi bola besi, dapat diprediksikan nyawa pipit bisa melayang, dan kita akan masuk neraka diakhirat, penjara didunia, mungkin karma memang ada, walah, satu menit kemudian pas aku lagi ngeliat langsung dapat satu bola, tap, nyampe mata...

waduh merem, perih banget, gw gakmau tinggal diam, maunya balas terus,.

akhirnya cerita ini tak berlanjut, untung aja ibu dosen gak liat, kalo liat bisa berabe, dan untungnya lagi nih, UNTUNG YANG DILEMPAR BUKAN BU DOSEN.!
0 Responses